Asatama dan Masa Depan Mobil Listrik


Tim Asatama ketika melakukan audiensi ke dekanat
simetrikal.co -USU. Efek rumah kaca dan Krisis Energi. Dua isu ini sesungguhnya adalah isu global yang sangat mengkhawatirkan kita (akademisi) dan juga praktisi yang bergerak langsung di bidang industri. Efek rumah kaca jika tidak dikurangi maka akan semakin membahayakan bumi kita ini. Ketergantungan kita terhadap energi berbahan bakar fosil harus segera dikurangi secepatnya, sebelum cadangan minyak (bahan bakar fosil) habis. Dan sebelum terlambat. Salah satu solusi terhadap permasalahan ini adalah mobil listrik. Maka berbagai institusi pendidikan, lembaga penelitian yang didukung oleh pemerintah,  dan industri transportasi di dunia berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi mobil listrik. Tidak terkecuali Teknik Elektro USU yang concern terhadap energi yang ramah lingkungan dan juga renewable energy. Tantangan bagi kita semua (ilmuwan dan rekayasawan) untuk menciptakan mobil listrik yang ramah lingkungan, murah, dan nyaman dipakai (bisa bersaing dengan kendaraan berbahan bakar fosil).

Menghadapi tantangan ini, maka USU membentuk Tim Asatama. Tim Asatama USU dibentuk untuk ikut ambil bagian dalam upaya pengembangan teknologi mobil listrik. Dan juga untuk mengikuti berbagai kompetisi yang berhubungan dengan pengembangan teknologi mobil listrik. Tim Asatama USU terdiri dari 24 orang yang dibagi menjadi 5 divisi teknis yaitu Electricity, Chasis and Body Manufacture, Driver, Energy Transfer System, dan Steering, Brakes and Suspension.

Saat ini Tim Asatama sedang bersiap untuk mengikuti Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014. Tim asatama akan ikut dalam kategori prototype (kenderaan roda tiga dengan energi pendorong fossil fuel) pada kelas listrik. Kompetisi yang akan diadakan di Park Circuit, Surabaya, Jawa Timur ini akan berlangsung pada tanggal 16-19 Oktober 2014. Tim yang dengan design report tebaik ada 60 tim. Kompetitor yang terkuat berasal dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Menurut Manager Tim, Rio Richard Simanjuntak (Teknik Elektro 2012), secara teknis tim telah menyiapkan rangka dan pemasangan komponen. Tim dan dosen pembimbing sedang merencanakan untuk melakukan test drive untuk melihat hasil pemasangan komponen. Tim akan terus melakukan pengembangan pada setiap divisi teknis. Tim akan terus-menerus melakukan perbaikan dan pengembangan pada setiap bagian untuk meningkatkan performa mobil. Kendala yang cukup mengganggu adalah masalah dana. Keterbatasan dana membuat pengembangan teknis juga menjadi terhambat. Tetap berkarya kawan, berikan prestasi.

Bagi Bapak/Ibu, Abang/Kakak, dan adik-adik yang ingin memberikan sumbangsih dana, pemikiran, kritik, saran dan masukan silahkan hubungi Rio (085261837481)atau ke tim.asatama.usu@gmail.com.

Liputan: Nanda
Editor: Riki Ananda Nasution
Share on Google Plus

About catatanbangriki.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :

  1. Kabar Gembira, bagi kamu yang sedang mau menggunakan Dus Makanan dapat menggunakan Greenpack yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete

Ayo beri kritik dan saran..!