Dapat Apa Sih Dari Universitas?

Judul                : Dapat Apa Sih Dari Universitas

Penulis            : Romi Satria Wahono
Penerbit           : Zip Books















Empat Jenis Mahasiswa
Hmmm, Anda termasuk jenis mahasiswa yang mana, nih?
Mari kita baca bersama

Menurut buku Dapat Apa Sih Dari Universitas karangan Romi Satria Wahono, terdapat empat jenis mahasiswa:
1. Mahasiswa yang Tidak Sadar akan Ketidakmampuannya (Unconsciously Incompetent)
2. Mahasiswa yang Sadar akan Ketidakmampuannya  (Consciously Incompetent)
3. Mahasiswa yang Sadar akan Kemampuannya (Consciously Competence)
4. Mahasiswa yang Tidak Sadar akan Kemampuannya (Unconsciously Competence)

Lalu, Anda termasuk yang mana? Silakan anda jawab sendiri.

Bagaimanapun juga mahasiswa sebaiknya diarahkan untuk menjadi jenis nomor tiga yang sadar akan kemampuannya dan menggunakannya untuk hal-hal positif. Kalaupun ada mahasiswa yang terjebak tindakan negatif karena skill-nya, pembimbing ataupun dosen juga harus bijak menyikapinya. Bagaimanapun  juga ini semua adalah proses belajar dan proses pematangan diri. Adapun yang paling penting, apa pun jenis Anda, jangan pernah menyerah dan tetap berjuang.


Kiat Meningkatkan Nilai IPK
Nah, kiat kali ini halal dan thayyib, jauh dari unsur kemaksiatan dan perbuatan tidak terpuji lain. Tertarik? Ikuti terus pembahasan ini.

Ada dua kiat untuk mendapatkan nilai IPK tinggi :

1. Kejar nilai untuk mata kuliah yang secara umum tidak terlalu disenangi mahasiswa. Mata kuliah apakah itu? Oh, banyak, misalnya fisika dasar dan sebagainya. Lakukan survei kecil-kecilan terhadap teman seangkatan atau kakak angkatan,  pasti banyak mata kuliah yang  tidak digemari mahasiswa. Intinya di mata kuliah yang diemohi mahasiswa itu, nilai biasanya down. Nah, ini dia kesempatan kita, pada saat nilai mereka “pasti rendah”, kita berdjoeang untuk nilai “pasti tinggi”. Hehehehe.
Nah, hasil dari tahap satu, yaitu kalau ada IPK khusus untuk “mata kuliah tidak populer” kita pasti nomor satu.

2. Sudah mantap dengan langkah satu? Langkah dua adalah jangan berhenti, lanjutkan mengejar nilai untuk mata kuliah yang secara umum disenangi mahasiswa. Hehehehe. Belajar keras, kerjakan semua tugas, kalau perlu kejar terus dosen kalau ada yang masih tidak dimengerti pada mata kuliah “populer” itu. Kalaupun kita tidak bisa mendapatkan nilai sempurna alias sedang-sedang saja, ya tidak apa-apa, asal sudah berusaha. Yang pasti karena IPK adalah nilai kumulatif dari mata kuliah “tidak populer” dan “populer”, total nilai kita akan tetap tinggi thoo. Lha, kan kita sudah jadi the first rank  untuk mata kuliah “tidak populer”. Hehehe.

Akhir semester silakan melihat nilai IPK, pasti menimgkat. Kalau masih belum naik, lanjutkan tahap 1 dan 2  di semester berikutnya. Kalaupun sampai akhir kuliah tidak naik-naik juga, ya, apa boleh buat, memang level kekuatan Anda seperti itu. Mungkin Anda kurang berdoa, kurang sholat malam atau kurang puasa Senin-Kamis, sehingga ridha dan “lucky” dari “Yang di Atas” tidak menyertai Anda. Tapi jangan khawatir, IPK bukan segalanya, masih banyak cara lain dan perlu juga dicatat bahwa banyak orang sukses yang IPK-nya hancur , kok. Untuk yang sudah ber-IPK bagus, jangan cepat puas, apalagi sombong dan takabur, karena faktor-faktor itulah yang membuat orang tidak sukses ketika masuk ke dunia kerja.
Terakhir, sekali lagi, IPK tidak penting karena hanya masalah dasar saja. Misalnya, kalau IPK yang dasar saja sudah jatuh duluan, bagaimana yang lain, hehehehe..


Tips Menjadi Mahasiswa Sukses
Anda mahasiswa yang luntang-luntung kurang kerjaan? Sudah mulai mual mendengarkan kuliah pak dosen? Mulai bete dengan suasana kost-kostan? Apalagi teman dekat sudah mulai pindah kost karena tidak tahan Anda utangi terus, hehehehe.

Ingin teriak sekeras-kerasnya tapi takut ditimpukkin tetangga? Atau dahulu punya mimpi ingin ikut membangun republik tercinta, tapi jangankan itu, membangun diri sendiri saja susah. Apa salah jurusan, ya? Padahal sudah baca-baca tulisan “Tips dan Trik Memilih Jurusan“. Bingung karena tidak mendapat apa-apa dari universitas. Jadi, makin terseok-seok dan tanpa ruh kalau membaca tulisan tentang empat jenis mahasiswa. Hmmm, coba deh ikuti tulisan ini, siapa tahu ada tips yang cocok dan bisa bikin semangat untuk bangkit.

1Bangun tidur, berdiri di depan kaca, ucapkan bahwa andalah yang terbaik di kost-kostan ini (ya, soalnya Anda sendirian sekarang). Kalau Anda merasa itu kurang, ucapkan bahwa Andalah yang terbaik di kelas atau terganteng di kampus. Yakinilah, bahwa Anda manusia pilihan, paling tidak terpilih mewakili desa Anda untuk kuliah di universitas. Atau kalau lebih pede lagi, katakan bahwa Andalah makhluk terbaik di muka bumi. Ya, memang benar, paling tidak dibandingkan dengan hewan dan tumbuhan.

2. Mandi yang bersih, sisir dan rapikan rambut Anda. Ambil handphone, bikin senyuman paling manis, foto wajah anda. Ulangi lagi kalau masih kurang enak dilihat. Kalau sampai 10 kali jepretan masih juga kurang enak dilihat, ambil secara acak saja. Mungkin wajah Anda memang tidak terlalu enak dilihat.

3. Nyalakan komputer, akses internet, tidak usah ke mana-mana, langsung saja buka http://wordpress.com. Buat account blog disana.

4. Renungi hidup Anda, ingat-ingat lagi perjalanan hidup dari kecil sampai sekarang dan apa yang telah Anda lakukan.  Masuk ke menu administrasi http://wordpress.comklik Write -> Page. Buat tulisan dengan judul About Me, tuliskan  resume, kisah hidup dan  Curriculum Vitae (CV) anda. Tuliskan “apa saja”. Tuliskan seluruh kegiatan Anda di sana. Dari lahir, SD, SMP, SMA, dan kuliah. Pernah jadi ketua OSIS, sekretaris, bendahara, atau pengurus OSIS? Atau pernah ikutan menyembelih kambing qurban, pernah jadi penjaga masjid, pernah bikin workshop komputer, pernah menang lomba balap karung, cerdas cermat, atau lomba gambar di kampung. Tulis semuanya. Kerahkan seluruh ingatan Anda, anggap saja nostalgia. Sekali lagi, tulis semua, apa pun yang Anda lalui di “Page” berjudul About Me tadi. Sudah puas? Klik “Publish”. Kalau ada yang kurang tambahi lagi. Kalau merasa halaman tadi tidak cukup dan harus menulis dalam OO Writer atau Ms Word, copy dan paste saja draft tadi. Jangan lupa convert ke PDF dan upload di halaman About Me. Oh ya, foto manis anda tadi jangan lupa di pasang di halaman About Me.

5Sekarang, ayo berdiri, berjalanlah menuju meja belajar Anda. Kenangi kehidupan kampus Anda, senangnya ketika diterima di universitas ini, semangatnya ikutan ospek, dosen-dosen Anda yang menyenangkan, nilai mata kuliah yang naik-turun (yang pasti lebih banyak turunnya), dan mungkin juga teman-teman yang sudah menolak cinta Anda. Kenang semu .

6. Mata kuliah apa dulu itu ya, yang dulu Anda senangi? Cari buku catatan anda, obrak abrik meja belajar untuk mencari buku textbook mata kuliah  itu. Ketemu? Oke, sekarang lihat lagi tulisan pada buku catatan Anda yang sudah lusuh. Nah, tulis kenangan Anda tentang mata kuliah itu. Jangan tulis yang lain, konsentrasi saja ke satu mata kuliah itu. Satu topik tulisan cukup 4- 6 paragraf saja. Menuliskannya di write -> post, lho ya, jangan lupa.

7Kurang bahan ? Oke, genjot sepeda langsung ke perpustakaan. Cari buku kenangan Anda tadi, balik lagi ke http://wordpress.com dan lanjutkan tulisan-tulisan Anda .

8. Oopss, sebelum tidur, baca basmallah, dan ucapkan syukur hari ini bahwa Anda sudah melakukan kegiatan yang sangat baik dan produktif, kegiatan yang bisa membanggakan orang tua, teman, tetangga, dan dosen Anda. Dan insyaAllah bisa menjadi bekal kontribusi Anda bagi republik tercinta ini.

9. Bangun pagi, jangan terlalu banyak tidur, Anda bukan bayi lagi. Sholat subuh dan lanjutkan petualangan hidup anda.

10. Sebelum masuk kuliah baca-baca buku dulu deh, hari ini pak dosen mau mengajar apa, siapa tahu bisa jadi bahan tulisan. Kalau ada waktu pagi, bikin resume yang pak dosen akan ajarkan. InsyaAllah di jamin Anda akan masuk kelas dengan suasana yang berbeda. Anda tidak lagi tidur. Horeeee!

11. Lanjutkan 'perdjoeangan'! Mudah-mudahan semester ini tumpukan nilai A Anda semakin banyak, dan InsyaAllah di jamin, Anda tidak akan kesulitan mengerjakan skripsi atau TA (tugas akhir) di semester akhir. Kok bisa? Ya, Anda sudah terbiasa banyak membaca dan menulis, ini modal penting membuat skripsi. Jangan lupa untuk submit artikel-artikel Anda di ilmuKomputer.com. ini penting karena kabarnya numpang- numpang di ilmuKomputer.com bisa membawa hoki, bisa dapat jodoh, pekerjaan, project atau ketularan gemuk dari founder-nya. Yang pasti, bisa membantu traffic blog Anda.

Kalau kebiasaan nomor 1-11 sudah Anda lakukan sampai lulus, InsyaAllah Anda tidak akan kesulitan mencari pekerjaan. Justru pekerjaan yang mencari Anda. Tulisan-tulisan Anda di blog sudah diindeks oleh banyak mesin pencari. Tentu Anda akan semakin suprise kalau ada penerbit yang menawarkan membukukan tulisan-tulisan yang Anda telateni selama ini, Amiiin. Tapi, jangan sombong, sombong itu temannya setan.

Akhirnya, alhamdulillah Anda telah sukses melewati kehidupan mahasiswa dengan baik. bukan karena siapa-siapa, melainkan karena 'perdjoeangan' Anda sendiri, dan tentu saja pertolongan dari Yang Mahakuasa. Jangan lupa, tetap lanjutkan 'perdjoeangan' di kehidupan baru.


Dapat Apa, sih, dari Universitas?
Sudah  keterima di universitas dan mulai belajar, tapi kadang masih tidak ngeh hakikat belajar. Lah, katanya disuruh menimba air eh... ilmu. Nah, ilmunya ini sebenarnya apa, sih?
Nah, belajar itu, baik di sekolah, di kampus, ataupun di universitas, adalah untuk meningkatkan KSTAE atau kata orang betawi Pektesipeng. KSTAE itu Knowledge, Skill, Technique, Attitude, Experience alias Pektesipeng (Pengetahuan, Keterampilan, Teknik , Sikap, dan Pengalaman).
Pengalaman itu mahal karena kadang ada harga yang harus di bayar. Terus kalau di kampus, pengalaman 'kan tidak ada? Hmm, pengalaman itu tetap ada, KKN, magang, kerja paruh waktu, mengerjakan TA itu adalah supaya kita  punya pengalaman.
Untuk mahasiswa dan mahasiswi di manapun berada, jangan cepat menyerah, nikmati pahit dan manisnya kehidupan kampus, jalani dengan penuh rasa tanggung jawab. Orangtua kita dan juga negeri ini menanti karya kita semua.

Kinerja itu Makhluk Apa, sih?
Kinerja = Motivasi x Kemampuan
Anda merasa jadi siswa atau mahasiswa tidak berprestasi? Kemampuan otak terbatas? Atau susah banget menangkap pelajaran? Atau lebih parah lagi karena tidak dapat apa-apa di kampus? Jangan menyerah, tingkatkan motivasi, jangan mau jadi pecundang, jangan mau kalah, tamaklah dalam ilmu, tapi jangan tamak dalam harta, takhta, wanita. InsyaAllah, hasilnya akan mengikuti, lha mau berharap ke siapa lagi? Mengharap pada teman, saudara, sahabat? Ingat! Tidak ada yang bisa mengubah diri Anda kecuali diri Anda sendiri. Sama halnya dengan mengasah pengetahuan. Siapa lagi kalau bukan diri kita sendiri? Tinggal pilih mau jadi yang terdepan atau yang tertinggal.
Mungkin sebenarnya rumus kinerja itu tidak hanya 'Motivasi x Kemampuan', tapi juga adanya ridha Allah karena kekuatan doa kita. Ridha Allah kadang kita terjemahkan dalam bentuk kata-kata untung, lucky, dan sebagainya.
Orang bijak sering mengatakan :
“Knowledge is power, but character is more,”
Namun, ditambahi menjadi :
“Knowledge is power,and character is more, but lucky is everything”


Oleh: Khoirin Nissa
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment

Ayo beri kritik dan saran..!