Mari Belajar Sistem Transmisi HVDC!



Ir. Terklin Sinulingga, M.Si. sedang menjelaskan sistem transmisi listrik HVDC . (Aula Teknik, 18/04/2015)

simetrikal.co-USU. Aula Teknik  – 18 April 2015. IMTE mengadakan seminar “Theory Converter HVDC”.  Seminar ini dibawakan oleh  Ir. Terklin Sinulingga, M.Si.  Beliau selaku Senior Manager Project PT. ALSTOM UK.

Seminar kali ini membahas tentang teori konverter dari sistem transmisi listrik HVDC (High Voltage Direct Current).  Pada pembahasan yang disampaikan pembicara menjelaskan tentang sistem katub (Valve) dalam suatu sistem transmisi HVDC. Fungsi valve tersebut sebagai katub konverter dari AC (Alternating Current) ke DC (Direct Current). Komponen dari valve tersebut dapat berupa diode atau thyrister.  Pada teknologi HVDC ini terdapat suatu komponen yang disebut filter. Filter ini memiliki beberapa fungsi, yaitu menyaring noise dari arus listrik AC, sebagai alat untuk membangun daya reaktif, dan sebagai komponen menyerap daya reaktif yang berlebih.

Seminar ini juga membahas keuntungan menggunakan sistem transmisi AC dan DC. Sistem transmisi HVDC ini juga memiliki dua komponen penting yaitu rectifier sebagai konverter AC ke DC dan inverter sebagai konverter DC ke AC. Keunggulan lain dari sistem transmisi AC dibandingkan DC ialah pada sistem pengontrolannya. Pada sistem  DC pengontrolannya tidak menggunakan circuit breaker.  Keuntungan lainnya menggunakan sistem transmisi HVDC adalah adanya proteksi dari sistem tersebut karena proteksinya lebih preventif bukan corektif. Maksud dari sistem yang lebih preventif ialah sebelum ada gangguan mengenai komponen maka sistem proteksi akan diaktifkan. Beberapa penggunaanya yaitu bisa menyatukan sistem transmisi yang berbeda dan lebih efektif apabila terdapat karakteristik yang berbeda di antara wilayah yang melakukan interkoneksi listrik.  Seminar HVDC ini merupakan bentuk dari pembelajaran study club HVDC pada Departemen Teknik Elektro. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari seminar sebelumnya yang membahas perbandingan transmisi AC dengan transmisi DC.

Pada seminar ini juga diadakan sesi tanya jawab. Sebagai penutup, pembicara dan MC  mengucapkan salam penutup serta ucapan terimakasih kepada peserta. Bagian akhir dari seminar adalah sesi pemotretan bersama pembicara.

Liputan: Vega Valentine
Editor: Nadia Winny
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment

Ayo beri kritik dan saran..!