Profil PT. Sinar Sosro

PT. Sinar Sosro adalah perusahaan keluarga Bapak Sosrodjojo. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1940 di Slawi dengan produk awalnya Teh Cap Botol yang merupakan Teh Bubuk. Awalnya Teh Cap Botol dijual di pasar, tetapi cara ini kurang berhasil karena Teh Cap Botol harus diseduh dahulu sehingga banyak pengunjung yang tidak sabar menunggu. Karena cara ini kurang berhasil, mereka mencoba cara baru yaitu dengan meletakkan seduhan teh di dalam panci dan membawanya dengan truk. Ternyata cara ini juga kurang berhasil karena teh tumpah saat perjalanan. Lalu mereka mencoba ide baru yang dikemas dalam botol konsumen lebih praktis karena bisa langsung dikonsumsi.

Pada tahun 1960, teh dalam bentuk botol diproduksi dan siap diminum. Bentuk botol dari teh ini mengalami tiga kali perubahan. PT. Sinar Sosro adalah perusahaan teh siap konsumsi pertama di Indonesia dan dengan 9 produk yaitu Teh Botol, Fruit Tea, Happy Jus, Country Choice, Tebs, Prim-a, S-tee, Creso dan Joy tea.

Produk olahan PT. Sinar Sosro merupakan produk tanpa bahan pengawet, pemanis dan pewarna. Proses pengolahan produk dimulai dengan memilih bahan baku yaitu teh hijau yang diambil dari kebun milik PT. Sinar Sosro, melati, gula pasir industri dan air yang diambil dari kedalaman 150 m dari tanah dan diolah dengan 4 tahap. Setelah itu teh siseduh dengan air panas dan disaring. Teh ini masih berasa pahit, kemudian ditambah dengan gula dan distrelisasi dengan temperatur 90 derajat celcius.

Selanjutnya teh yang telah jadi ini diisikan ke dalam botol yang telah distrelisai. botol yang digunakan adalah botol yang berasal dari warung-warung yang telah dikembalikan ke Pabrik yang kemudian botol ini distrelisasikan. Jika tidak layak digunakan, maka akan didaur ulang.

Teh yang telah dimasukkan ke dalam botol, kemudian dikarantina terlebih dahulu dan diuji di laboratorium apakah sudah layak untuk dipasarkan. Setelah dikatakan layak, barulah kemudian produk ini dipasarkan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :

  1. itu semua produknya emang tanpa pengawet? atau cuma yang teh botol doang?

    ReplyDelete

Ayo beri kritik dan saran..!