Berinovasilah, Hai, Mahasiswa!

Pemotongan pita tanda kompetisi telah dimulai. (5/6/2015)

simetrikal.co -USU. Seseorang tidak dapat dikatakan sebagai mahasiswa atau lulusan universitas apabila ia tidak melaksanakan tri darma Perguruan Tinggi. Salah satu dari tri darma adalah pengabdian masyarakat. Mahasiswa adalah ilmuwan. Kita diharapkan untuk mampu memberikan suatu kontribusi nyata kepada orang-orang di sekitar. Mahasiswa Departemen Teknik Industri USU membuka peluang kepada mahasiswa/i Fakultas Teknik untuk menuangkan gagasannya di dalam kompetisi desain produk.
Product Design Competition (PDC) 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 Juni 2015 merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Sistem Produksi untuk mata kuliah Rancangan Teknik Industri (RTI) I. Acara ini telah memasuki tahun kelima sejak diselenggarakan pertama kalinya. Tahun ini, PDC yang bertemakan Produk Inovatif dan Hemat Energi di Bidang Kedokteran, Rumah Tangga dan Pertanian sukses menghasilkan berbagai produk menarik dan inovatif. 
Panitia berharap produk yang dihasilkan mampu meningkatkan kompetensi dari para mahasiswa sekaligus berguna bagi masyarakat pada umumnya. Ketua jurusan Departemen Teknik Industri, Ir. Khawarita Siregar M.T., menekankan pentingnya peranan hak paten dari setiap produk yang dihasilkan pada ajang tersebut.
Acara menarik lainnya adalah english competition. Kompetisi ini menguji penguasaan para peserta dalam memperkenalkan produk-produk mereka lewat bahasa Inggris. Adapula kuliah umum mengenai hak paten guna memberikan pengetahuan lebih jauh tentang prosedur dan kriteria dalam mendapatkan hak paten dari produk yang dihasilkan. Selain itu, berbagai acara seperti lomba desain banner, fotografi, serta acara hiburan lainnya turut memeriahkan acara yang berlangsung di halaman Fakultas Teknik ini.
Juara pertama pada ajang PDC tahun ini adalah inkubator hidrolik yang bekerja dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomi dan hidrolika. Inkubator hidrolik ini memungkinkan tempat tidur bayi dapat terangkat dari dasar inkubator. Hal tersebut membantu dalam memperbaiki kinerja para perawat yang sebelumnya harus membungkuk apabila ingin mengambil bayi pada inkubator konvensional. Salah satu anggota dari tim perancang inkubator hidrolik  (M. Ananda Rizki Putra, TI 2013) berharap agar produk yang dihasilkan dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari khususnya di bidang kedokteran. Ia juga produknya dapat menembus pasar produk-produk kreatif. Semoga di tahun-tahun berikutnya PDC dapat menghasilkan produk yang lebih inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Suasana penjurian peserta kompetisi. (6/6/2015)
Seluruh peserta dan panitia Product Design Competition berfoto bersama. (6/6/2015)
Liputan: Sri Ivan Madriansyah
Editor: Nadia Winny Silaban

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment

Ayo beri kritik dan saran..!