PDC 2015 Ajang Kembangkan Produk-produk Inovatif



simetrikalusu.co -USU. Product Design Competition (PDC) 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 Juni 2015 merupakan adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Sistem Produksi untuk mata kuliah Rancangan Teknik Industri (RTI) I. Acara ini telah memasuki tahun kelima sejak diselenggarakan untuk pertama kalinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa ajang PDC merupakan ajang tahunan Departemen Teknik Industri yang dapat berlangsung secara kontinuitas.Tahun ini, PDC yang bertemakan Produk Inovatif dan Hemat Energi di Bidang Kedokteran, Rumah Tangga dan Pertanian sukses menghasilkan berbagai produk-produk yang menarik dan inovatif. 

Berbagai produk yang dihasilkan seperti alat-alat kesehatan, pertanian serta produk-produk rumah tangga pada ajang ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dari para mahasiswa sekaligus produk yang dihasilkan dapat berguna bagi masyarakat pada umumnya. Dari kompetisi ini, produk-produk tersebut dinilai dari berbagai aspek, sehingga kedepannya produk yang dihasilkan dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi. Kemudian, Ketua jurusan Departemen Teknik Industri, Ir. Khawarita Siregar M.T., menekankan pentingnya peranan hak paten dari setiap produk-produk yang dihasilkan pada ajang tersebut.

Acara-acara menarik lainnya juga diselenggarakan pada ajang ini, yaitu acara english competition untuk mengetahui bagaimana penguasaan para peserta untuk memperkenalkan produk-produk mereka dalam bahasa Inggris. Serta, adapula kuliah umum mengenai hak paten guna memberikan pengetahuan lebih jauh bagaimana prosedur dan kriteria dalam mendapatkan hak paten dari suatu produk yang dihasilkan. Selain itu, berbagai acara seperti lomba desain banner, fotografi serta acara hiburan lainnya turut memeriahkan acara yang berlangsung di halaman Fakultas Teknik ini.

Juara pertama pada ajang PDC tahun ini adalah inkubator hidrolik yang bekerja dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomi dan hidrolika. Inkubator hidrolik ini memungkinkan tempat tidur bayi dapat terangkat dari dasar inkubator. Hal tersebut membantu dalam memperbaiki kinerja para perawat yang sebelumnya harus membungkuk apabila ingin mengambil bayi pada inkubator konvensional. Salah satu anggota dari tim perancang inkubator hidrolik  (M. Ananda Rizki Putra, TI'2013) berharap agar produk yang dihasilkan dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari khususnya dibidang kedokteran serta dapat menembus pasar produk-produk kreatif. Semoga tahun-tahun berikutnya PDC dapat menghasilkan produk yang semakin inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.



Liputan: Sri Ivan Madriansyah



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment

Ayo beri kritik dan saran..!