Mengenal Beasiswa Lebih Dekat

simetrikal.co -USU. Beasiswa menurut wikipedia adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Di Fakultas Teknik, ada banyak sekali sumber beasiswa seperti tertera pada tabel di atas.

Menurut Cahya Ramadhani (TE’10) Ketua penerima beasiswa Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE), untuk memperoleh beasiswa sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kita menjalankan semua prosedur yang diminta dan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Contohnya adalah beasiswa Karya Salemba Empat; pendaftaran beasiswa ini dibuka setiap bulan Mei. Formulir beasiswa ini dapat diisi secara online. Setelah mendaftar secara online, kemudian melengkapi berkas persyaratan untuk diantar ke Sekretariat Paguyuban KSE di LPPM USU. Setelah seleksi berkas selesai, akan ada wawancara yang ditentukan oleh KSE. Pengumuman penerima beasiswa akan disampaikan pada bulan Agustus secara online.

Sebagai penerima beasiswa, kita juga mempunyai tanggung jawab. Yang pasti kita harus menunjukkan prestasi akademik yang baik. Selain itu, kita juga diharuskan untuk aktif mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan, yang menunjukkan bahwa kita dapat menjadi mahasiswa yang baik secara akademis maupun non akademis (soft skill).
Jadi, sebelum dan sesudah menerima beasiswa kita harus memiliki motivasi belajar yang tinggi dan juga aktif berorganisasi dalam kegiatan kemahasiswaan. Tapi, tentu keduanya harus seimbang, artinya jangan sampai meninggalkan tugas-tugas belajar dengan alasan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan.

Pesan dari dekanat dalam hal ini adalah bahwa jangan sampai ada mahasiswa FT USU yang putus kuliah karena kekurangan biaya padahal mahasiswa yang bersangkutan memiliki kemauan dan kemampuan belajar yang memadai. Demikian juga alumni (IKA FT USU) bersedia membantu apabila diperlukan, demikian disampaikan oleh Ir. Hasrul Hasan M.M (Sekjen IKA FT USU). 


Penerima Beasiswa di Teknik
Bidikmisi                     254 Orang
BBM                            112 Orang
PPA                             167 Orang
Supersemar                  4   Orang
Tanoto Foundation       13 Orang
Karya Salemba            12 Orang
PGN                             6 Orang
PT. Djarum                  3 Orang
Sobat Bumi Pertamina 3 Orang
BCA                             2 Orang
BTN                             1 Orang
Toyota                          4 Orang
A & A Rachmat           4 Orang

(tim/sim)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment

Ayo beri kritik dan saran..!