Transportasi yang Membahayakan Bumi Kita

simetrikal.co -USU. Transportasi menyumbang 20% daari total emisi gas buang dunia. Jumlah sepeda motor yang mencapai 2.8 juta di kota Medan dirasa sudah sangat tidak layak lagi karena jumlah penduduknya pun hanya 2,8 juta jiwa, artinya 1 orang bisa memiliki lebih dari 1 sepeda motor. Hal ini membuat kemacetan yang sudah mulai timbul di berbagai lokasi, dan tentu saja akan terus menambah emisi gas buang dari sektor ini (transportasi). 

Pemerintah harus membuat kebijakan transportasi yang terintegrasi untuk menurunkan emisi dari sektor transportasi ini dan juga untuk mengatasi persoalan kemacetan yang semakin ruwet ini. Kebijakan terintegrasi ini kita kelompokkan menjadi tiga kelompok. Pertama adalah penyediaan angkutan umum massal yang aman, nyaman, dan murah tentunya. Kebijakan yang kedua adalah dengan Transport Demand Management dengan menaikkan pajak kenderaan bermotor atau bahkan membatasi jumlah kenderaan bermotor. Kebijakan yang ketiga adalah dengan penyediaan fasilitas Non Motorized Transport (NMT) berupa pedestrian (tempat pejalan kaki) dan juga Bike Sharing. 

Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Ruang Rapat Fakultas Teknik Senin (22/09) yang lalu, Universitas Sumatera Utara sebagai universitas yang berkonsep Green Campus mendapat dana hibah dari USAID (United States Agency for International Development) untuk membangun Bike Sharing. Bike Sharing adalah model peminjaman sepeda gratis buat mahasiswa-mahasiswi USU. Konsepnya adalah mahasiswa dapat memakai sepeda gratis dari satu stasiun ke stasiun yang lain dengan menunjukkan Kartu Identitas dan tentu saja gratis. Pembangunan Bike Sharing di USU adalah sebagai role model untuk mendorong mahasiswa dan masyarakat untuk beralih kepada pemakaian Non Motorised Transport (NMT) sebagai salah satu solusi penurunan emisi gas buang yang semakin membahayakan bumi kita. Segenap civitas akademika Fakultas Teknik menyambut positif pembangunan Bike Sharing yang akan launching pada bulan Desember tahun ini, hal ini dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam diskusi yang dihadiri pengendara mobil, sepeda motor, dosen, dan mahasiswa ini. Sukses buat Bike Sharing, sukses buat USU..

Liputan: Rizky Ambara (Teknik Kimia'14)
Editor: Siti Karimah Ajrina & Nanda
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :

Ayo beri kritik dan saran..!