SEMINAR MOTIVASI K3MI AL-HADIID MENUMBUHKAN SOFTSKILL MAHASISWA

K3MI Al-Hadiid usai acara seminar motivasi
Klub Kegiatan Kreativitas (K3M) Fakultas Teknik USU mengadakan seminar motivasi yang diselanggarakan oleh K3MI AL-HADIID tepatnya di Gedung Serba Guna IKATSI pada 20 September 2014. Acara ini bertemakan “Mahasiswa Keren Aktif – Produktif – Inovatif” yang dibuka oleh Gubernur Fakultas Teknik Muhammad Iqbalsyah Pasaribu. Sang Gubernur membuka seminar tersebut dengan mengatakan bahwa mahasiswa harus punya potensi yang tidak boleh stagnan yaitu mempunyai potensi dalam bidang hardskill dan juga softskill

K3MI AL-HADIID menghadirkan narasumber Bayu Nugroho, SEI, CH, CMT yang merupakan seorang motivator muda Indonesia. Beliau membuka motivatornya dengan yel-yel yaitu” TOMORRNOW” dijawab dengan kini/nanti Al-Hadiid tetap di hati. Seminar ini membahas dua poin penting yaitu

  1. mahasiswa harus tahu Tuhan itu hidup dan kedua mempunyai cita-cita yang tinggi. Poin pertama sangat penting karena dengan mengetahui Tuhan itu hidup kita akan menyerahkan jalan, cita-cita, serta tujuan hidup kita ke Tuhan sehingga apa yang kita rencanakan dan lakukan tidak sia-sia melainkan diridhoi-Nya. 
  2. Mempunyai cita-cita yang tinggi. Langkah sederhana dalam menggapai cita-cita adalah menuliskan minimal 100 target yang akan diraih di secarik kertas dan berusaha keras untuk mewujudkannya seperti yang dilakukan oleh mahasiswa IPB Danang A Prabowo. Danang A Prabowo mulanya mendapat motivasi dari seminar yang diadakan untuk mahasiswa baru universitas tersebut. Dia mulai membuat 100 target dan membuatnya menjadi nyata beberapa yaitu menjadi mahasiswa berprestasi, diving di laut, pergi menuntut ilmu ke Negara Matahari Terbit. Banyak orang mengatakan IPK seorang Danang pasti selalu tinggi padahal tidak, ada juga yang berkata bahwa Danang adalah anak orang kaya padahal tidak. Juga yang tak kalah penting dia berterima kasih kepada ibunya yang telah menginpirasinya. “Beranilah Bermimpi Besar karena dengan Bermimpi Matahari yang Panas itu dapat kau genggam” inilah kata-kata motivasi yang sangat berkesan.

Itulah kuatnya slogan “The Power Of Dream” hal-hal di luar logika kita bisa kita lakukan jika power itu keluar dari dalam hati kita. Selalu katakan bisa setelah itu lakukan saja, kemudian selalu mensyukuri yang kita punya karena banyak orang di luar tidak sesempurna kita tetapi mereka punya semangat yang tinggi sehingga bisa membuat dunia tercengang. Hal yang tidak lebih penting adalah maksimalkanpotensi yang ada dalam diri kita ada satu ilustrasi seperti “Saya kasih anda modal 1 milyar tapi anda harus sumbangkan 1 tangan kepada saya”. Apakah anda mau? karena sukses bermula dari pikiran maka seperti gelas kosong yang diisi air murni seperti itulah pikiran kita diisi dengan hal-hal bersifat positif maka sukses menantimu.

Jika sudah ada hal-hal tersebut dalam diri kita yakinlah kita akan menjadi mahasiswa yang aktif – Produktif – Inovatif. Ketiga hal ini sangat diperlukan karena Indonesia pada tahun 2015 akan menjadi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) persaingan yang sangat melibatkan kompetisi kuat dari masyarakat asing seperti pasar bebas. Maka dibutuhkan orang-orang yang memiliki kompetensi diri yang kuat terutama dala bidang softskills jika tidak orang itu akan terseleksi dengan sendirinya.

Aktif- Banyak mahasiswa mengejar IPK 3,5, menerima beasiswa dan akhirnya diwisuda. Tetapi bukan itu sebenarnya yang dikejar di masa perkuliahan. Mahasiswa sebenarnya mempunyai tingkat kematangan yang bisa diraih jika mahasiswa tersebut aktif di bidang akademis maupun non akademis. Dalam bidang non-akademis inilah yang sanagt berperan penting seperti aktif dalam berorganisasi. Aktif berorganisasi sangat dituntut setelah lulus dari perkuliahan menuju dunia kerja. Dunia kerja menuntut sang pelamar untuk menunjukkan sertifikat keorganisasian yang diikuti di bangku kuliah. Tahap selajutnya adalah kompetensi kecakapan emosional dan spritual. Maka galilah potensi di bangku kuliah dengan dua cara :

1. Kuliah bekerja

2. Kuliah berorganisasi

INOVATIF- inovatif berarti menciptakan inovasi-inovasi baru.Dalam berinovasi kerjasama dibutuhkan maka perbanyaklah membangun jaringan bukan hanya pada satu jurusan tetapi ke banyak orang setelah itu tunjukkan kemampuan bahwa kita bisa berinovasi dan ciptakan inovasi baru tersebut. Jangan pernah merasa minder terhadap inovasi yang kita punya teetapi selagi itu ada kembangkanlah.

PRODUKTIF- Mahasiswa dituntut “BEING A GLOBAL YOUTH”. Cara-cara untuk mewujudkan BEING A GLOBAL YOUTH adalah

· Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi

· Berpikir Kritis

· Terbuka

· Berani

· Rendah Hati

· Berpikir ke depan

· Pengetahuan

Melangkahlah ke luar dari zona aman menuju mahasiswa yang produktif.



Semoga kita dapat mewujudkan mahasiswa yang mempunyai motivasi tinggi dan berani bemimpi. Selain itu mahasiswa yang mempunyai softskills serta berkarakter. Dengan begitu kita dapat membawa Indonesia menjadi negara kuat di MEA nanti.

Liputan: Vega Bangun
Editor: Nanda
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment

Ayo beri kritik dan saran..!