K3M Itu Apaan Sih?

Menyongsong era globalisasi yang penuh dengan intrik dan persaingan mahasiswa Fakultas Teknik USU harus memiliki keahlian-keahlian yang membuatnya lebih unggul dari lulusan-lulusan Universtitas lain. Oleh sebab itu, Fakultas Teknik mengajak mahasiswanya untuk aktif dalam mengembangkan minat dan bakat melalui Program Pengembangan Karakter Mahasiswa yang
diwujudkan dalam Klub Kegiatan Kreatif Mahasiswa (K3M).

Klub Kegitan Kreatif Mahasiswa (K3M) merupakan suatu wadah yang bisa digunakan oleh seluruh mahasiswa Fakultas Teknik untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki. Kegiatan K3M ini dapat berupa kegiatan di luar pendidikan formal. Dengan didirikannya K3M di lingkungan Fakultas Teknik menunjukkan kesadaran Fakultas Teknik akan pentingnya kegitan non-formal di luar kampus. Fakultas Teknik telah membuktikan dukungannya dan berusaha untuk memfasilitasi para mahasiswanya.

Klub Kegitan Kreatif Mahasiswa (K3M) berbentuk sebuah organisasi yang berguna untuk melatih mahasiswa bekerja dalam bentuk tim. Dari sini mahasiswa dapat melatih kemandirian mengelola organisasi yang berguna dalam dunia kerja. Jiwa kepemimpinan yang ada pada masing-masing mahasiswa juga dapat dilatih dan dikembangkan. Mahasiswa yang notabenenya adalah calon pemimipin bangsa harus memiliki mental para pemimpin yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Bagi mahasiswa/i yang memiliki sifat pemalu dan tertutup, atau tidak percaya diri berada di general public, berkecimpung di salah satu K3M dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri untuk berani tampil dan cakap di depan umum. Karena dengan bergabung di salah satu K3M ini, menumbuhkan leadership dan kreatifitas dalam menghadapi dan berbuat suatu hal yang awalnya harus memikirkan 4-5 kali untuk melakukan hal tersebut.
Selain kepemimpinan, dengan aktif ber-K3M mahasiswa akan memiliki softskill yang tidak diperoleh di dalam kelas. Softskill seperti manajemen waktu, kerjasama tim, kedisiplinan, dan lain sebagainya. Dengan softskill yang dimiliki, mahasiswa Fakultas Teknik USU memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan Fakultas Teknik Universitas-universitas lain.
   
K3M juga menjadi pemersatu Departemen-departemen yang ada di Fakultas Teknik. Dengan berlatar belakang kesamaan minat dapat menjalin rasa persaudaraan dan kekeluargaan di lingkungan FT. Sehingga tercipta suasana yang penuh dengan kebersamaan dan kekeluargaan. Dengan kebersamaan Fakultas Teknik akan menjadi Fakultas yang lebih kuat dan lebih baik lagi.

Adapun visi dari K3M ini yaitu dapat menjadi laboratorium tempat terbinanya karakter mahasiswa yang unggul, aktif, dan peduli terhadap masa depan diri, bangsa, dan masyarakatnya. Misinya adalah mengembangkan, memfasilitasi, dan menstimulasi muncul dan berkembangnya beragam Klub Kegiatan Kreatif Mahasiswa (K3M) berdasarkan minat dan hobi, yang dapat dibagi atas klub peminatan kesenian, klub peminatan olah raga, dan klub peminatan pendidikan.

K3M ini dinamakan 'klub' untuk membedakannya dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang telah ada di tingkat Universitas, karena klub ini berada di lingkungan Fakultas Teknik. Selain itu, penamaan ‘klub’ juga untuk menonjolkan sebuah perkumpulan yang didasarkan oleh kesamaan hobi, dan memberi kesan ringan, dan mengalir. Namun demikian, klub-klub ini diharapkan dapat berjalan dengan prinsip-prinsip organisasi yang baik, dan bersinergi dengan UKM yang ada di tingkat Universitas.

Dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kreatifitas dan inovasi yang tinggi, diharapkan lulusan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara  dapat bersaing dengan lulusan dari Universitas lainnya di era globalisasi sekarang ataupun masa depan.

Fakultas Teknik mewajibkan seluruh mahasiswa baru untuk bergabung dengan salah satu K3M yang ada di Fakultas Teknik dan juga Program PPKM yang berlangsung selama setahun. Hal ini semata-mata dimaksudkan supaya mahasiswa tidak hanya mampu berkembang secara akademik, tapi juga bertambah pula kemampuan softskill-nya, mentalnya semakin baik, pergaulannya semakin luas, sehingga mahasiswa bisa terhindar dari hal-hal negatif yang bersifat merusak. 


Penulis: Derry Wilyanda Nst & Arif
Editor: Riki Ananda Nasution
Share on Google Plus

About catatanbangriki.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment

Ayo beri kritik dan saran..!